Jumat, 22 Juli 2011

PSU (Power Suplay unit) Sederhana


                Hmmmm, bingung mau nulis apa :D.
Okey gini aja.
               Gambar disamping itu adalah serangkaian power suplay sederhana. Dimana terdiri dari trafo, dioda bridge dan elco.Rangkaia ini hampir ada disemua barang2 elektronik yg ada dipasaran. Fungsi dari rangkaian ini adalah untuk menurunkan dan menyearahkan tegangan AC 220v dari PLN.
                  Fungsi dari masing2 komponen nya adalah sbb:
Trafo
             Jenis trafo yg digunakan pada power suplay biasanya step down, fungsinya untuk menurunkan tegangan PLN dari 220v ke tegangan yg diinginkan. semisal 50v, 30v, 12v, dll.
Dioda Bridge
                 Fungsi dari komponen ini adalah untuk menyearahkan tegangan. Semula tegangan PLN adalah AC (Alternating Curent / bolak-balik), setelah masuk dioda ini, arus dari tegangan AC tersebut menjadi arus DC (direct current /searah)
Elco
              Kepanjanganya adalah Electrolit Condensator/Capacitor. Fungsinya adalah sebagai filter. Semula tegangan DC yg dihasikan oleh dioda bridge adalah tidak stabil, tegangan naik turun dari 0 - tegangan yg dihasilkan trafo. Setelah dipasang elco ini secara paralel (seperti gambar), tegangan yg dihasilkan menjadi stabil. Semakin besar elco ini , maka semakin stabil tegangan yg dihasilkan.
                  Nah fungsi dari Power suplay ini adalah untuk mengubah tegangan PLN yg semula 220v AC, menjadi tegangan DC yg stabil dengan tegangan sesuai dengan tegangan trafo step down.

2 komentar:

  1. saya ingin tau nilai dari komponen diode dan kapasitornya, mksh

    BalasHapus
  2. Dioda tergntung dari trafo yang digunakan,, contoh bila menggunakan trafo 15A maka dioda minimal adalah 15A.. elco bisa menggnakan 10.000uF dengan voltase minimal 1,5x tegangan out trafo yang digunakan

    BalasHapus